HomePublikasiBerita

PENANDATANGANAN MoU KERJASAMA BISNIS LOKANANTA Perum Percetakan Negara RI dengan PT Bumi Kreatif Manajemen

Pada tanggal 30 November 2018 dilaksanakan penandatanganan Nota Kesepakatan Kerjasama Bisnis Lokananta antara Perum Percetakan Negara RI dengan PT Bumi Kreatif Manajemen, yang merupakan perusahaan yang bergerak di bidang jasa konsultasi manajemen. Bertempat di Gedung Kementerian Komunikasi dan Informatika, acara penandatanganan yang disaksikan langsung oleh Dewan Pengawas Perum PNRI ini bertujuan untuk meningkatkan kinerja dan produktivitas usaha, serta mengembangkan potensi bisnis Lokananta. Sehingga diharapkan aset Lokananta akan lebih maksimal dalam pemanfaatannya.

Adapun ruang lingkup dari Nota Kesepahaman ini meliputi beberapa hal, yaitu:
1. Pembuatan kajian terkait konsep pengembangan bisnis Lokananta;
2. Melaksanakan konsep model bisnis secara terintegrasi;
3. Pengembangan terkait brand dan logo Lokananta;
4. Pengembangan konsep manajemen aset intelektual properti;
5. Pengembangan konsep manajemen program digital platform;
6. Pengembangan konsep komunikasi dan publikasi terkait Lokananta;
7. Pembuatan program dan kegiatan bisnis di industri bisnis; dan
8. Pembuatan laporan dan administrasi kegiatan konten Lokananta kepada unit kerja Pengembangan Lokananta.

PENANDATANGANAN MOU Perum Percetakan Negara RI dengan PT SUFI

Jumat, 30 November 2018 berlokasi di Kantor Pusat Perum Percetakan Negara RI telah dilaksanakan penandatanganan Kesepahaman Kerjasama Pembangunan dan Pengembangan Infrastruktur Teknologi Informasi dan Komunikasi antara Perum Percetakan Negara RI dengan PT Sumber Utama Fiber Indonesia (SUFI), yang merupakan perusahaan yang bergerak di bidang perdagangan, percetakan, dan jasa yang meliputi teknologi, perangkat keras, jaringan dan distributor.

Utamanya, perusahaan ini merupakan penyedia jaringan fiber Optik sebagai basis teknologi, dengan produk layanan meliputi: Interconnections Mobile Operator, International Private Leased Circuit, Dark Fiber, IP Transit, Metro-E, dan Local Loop.

Nota kesepahaman yang ditandatangani oleh Direktur Utama Perum PNRI Bapak Djakfarudin Junus dan Direktur Utama PT Sufi Ibu Sari Handayani ini bertujuan untuk meningkatkan kinerja dan produktivitas usaha masing-masing dalam menjalin sinergi usaha yang saling menguntungkan, melalui:

1. Pembangunan data centre, mulai dari persiapan gedung,
pengisian HW data centre, dan lain-lain;
2. Pembangunan data recovery centre (DRC);
3. Pembangunan pusat penyimpanan data fisik maupun digital;
4. Penyediaan network;
5. Kerjasama pengembangan Lokananta; dan
6. Pembangunan lain yang diperlukan.

FACTORY VISIT DAI NIPPON PRINTING (DNP) INDONESIA KE PERUM PERCETAKAN NEGARA RI

 

Kamis, 29 November 2018 Perum PNRI menerima kunjungan dari Perusahaan Dai Nippon Printing (DNP) Indonesia. Perusahaan ini merupakan perusahaan percetakan dengan kapasitas produksi 90% Flexible Packaging dan 10% Off Set.

Berlokasi di Pulogadung, Jakarta dan Karawang dengan beberapa sertifikasi, seperti ISO 9001, 2000, SVLK, export-impor, keamanan, kesehatan, dan sebagainya dengan fokus produksi perusahaan di bidang Premium Packaging, dengan contoh produk kemasan Kratingdeng dan UC1000.

Dalam perkenalannya, DNP menyatakan bahwa di tahun 2019 DNP akan memiliki kenaikan order dengan lot 10-20%, untuk kebutuhan berinvestasi mesin, khususnya di Surabaya akan membutuhkan biaya (cost) yang cukup tinggi, sehingga DNP berencana mencari partner bisnis sebagai Long Term Sub-Con untuk dapat tumbuh bersama.

Adapun spesifikasi perusahaan yang dibutuhkan DNP yaitu memiliki mesin cetak enam warna, finishing hybrid, metalizing paper dan pencetakan kertas transparan (plastik).

Perum PNRI sendiri dalam dua tahun terakhir ini sedang mencari aliansi strategis dalam melakukan pengembangan lini bisnis di luar percetakan, seperti Packaging, Smartcard, dan bisnis Digital (Digital Printing, Inventory Machine, Parking Machine, RFID dan sebagainya). Fasilitas utama pabrik yang dimiliki Perum PNRI, yaitu:
• Packaging
• Smart Card
• Off Set

Pada kesempatan tersebut, Perum PNRI memperkenalkan asetnya kepada DNP melalui kegiatan kunjungan pabrik, melihat mesin Een Steel/Packaging, Security Printing, dan Smart Card.

Perum PNRI berharap kebutuhan market BUMN juga dapat dikerjasamakan melalui kerjasama Co-research dengan DNP dan sebelum masuk ke project tahun depan, DNP juga berharap adanya trial produksi, sehingga diharapkan produksi dapat berjalan maksimal di tahun 2019.

Adapun beberapa alternatif skema bisnis yang ditawarkan Perum PNRI bagi aliansi, yaitu: Sub Con/Sub Order, Co-Marketing, Trading/Inventory Coorporation, dan Machine Inventory.

Kunjungan Program PR Tanpa Batas (PRTB) FHBUMN.


Berawal dari ketertarikan beberapa pengurus FHBUMN untuk berkunjung ke Lokananta dan mengenalkan lebih dekat kepada seluruh anggota FHBUMN dan juga masyarakat luas, pada hari kamis 29 November 2018 Perum Percetakan Negara RI Cabang Surakarta- Lokananta mendapat kunjungan Program PR Tanpa Batas (PRTB) yang diselenggarakan FHBUMN.

Kunjungan ini disambut hangat oleh Perum Percetakan Negara RI Cabang Surakarta-Lokananta, dengan diawali sambutan dari Kepala Cabang Perum PNRI Surakarta- Lokananta, Fendi Heryadi, kemudian dilanjutkan sambutan dari Sekjen FHBUMN, Ferry Andriyanto

Dalam kunjungan ini, para peserta diajak untuk mengenal lebih dekat lagi Lokananta. Para peserta yang terdiri dari 109 orang dari 60 BUMN ini sangat antusias saat melihat ruang yang ada di Lokananta diantaranya ruang pita reel master, ruang penggandaan Kaset/CD, ruang vinyl, ruang museum dan ruang souvenir yang dimiliki Lokananta. Ada yang menarik pada kunjungan ini, dimana seluruh peserta sebelum melakukan tur, mereka lebih dulu diperdengarkan Rekaman Asli Pidato Proklamasi Presiden Soekarno dan Lagu Indonesia Raya melalui Pita Master yang dimiliki oleh Lokananta.  

Selanjutnya para peserta diajak untuk sarapan bersama di pendopo Lokananta. Suasana kebersamaan di pendopo sangat terasa pada saat break tersebut dimana semua peserta saling bercengkrama satu dengan yang lain. Selesai melakukan sarapan, peserta dihimbau memasuki ruang rekaman untuk take vocal dan benyanyi bersama ke dalam studio rekaman. Semua peserta pun melepas alas kaki yang merupakan salah satu tata tertib Lokananta dalam memelihara dan menjaga tempat heritage diantaranya saat memasuki studio. Mereka (Peserta) pun merespon dengan sangat baik dan antusias untuk menjaga tempat heritage dimaksud.

Dari awal datang peserta sudah mulai terlihat ketertarikannya terhadap Lokananta, selain dari sisi seni (musik), para Humas BUMN juga baru mengetahui kalau studio terbesar di Indonesia itu disandang oleh Lokananta sebagai perusahaan milik Negara. Sebelum dimulainya rekaman, para peserta mendapatkan pemaparan materi mengenai sejarah lokananta dan bisnis Lokananta oleh Staf Humas Perum PNRI, Rohmat dan Pengembangan Bisnis Perum PNRI, Anggraeni Mutiasari. Tak ketinggalan juga, sebagai bentuk penghormatan kepada seluruh anggota FHBUMN, Direksi yang pada saat itu tidak bisa hadir dikarenakan kesibukan pekerjaan menyampaikan sambutan melalui GM Pengembangan Bisnis Perum PNRI, Chieko Handayana.

Selesai pemaparan materi serta sambutan Direksi, peserta langsung memulai rekaman dengan menyanyikan 4 lagu yang sudah disiapkan. Keempat lagu tersebut adalah Bagimu Negeri (Lagu Kebangsaan), Rumah Kita (God Bless Feat All Star), Meraih Bintang (Via Vallen) dan Love Of My Life (Queen). Gemuruh suara dari 109 orang menyanyikan lagu secara bersamaan membuat suasana meriah dan semangat yang tinggi tercipta saat para peserta mulai menyanyi di dalam studio rekaman lokananta yang sangat bersejarah. Respon positif dan antusiasme bermunculan juga terungkap dari para peserta melauli wawancara, postingan di media sosial masing-masing, maupun publikasi tulisan dalam bentuk blog.

Ke depan, semoga melalui kunjungan-kunjungan seperti ini, Perum PNRI Cabang Surakarta – Lokananta selain dapat menumbuhkan awareness pada kalangan usia senja juga lebih dikenal dekat di masyarakat luas khususnya para kaum milenial akan keeksisannya sampai dengan saat ini

   

 

 

 

BUMN BRANDING & MARKETING AWARD 2018 “Merebut Peluang Era Industri 4.0 Melalui Penguatan Merek Indonesia”

BUMN BRANDING & MARKETING AWARD 2018
“Merebut Peluang Era Industri 4.0 Melalui Penguatan Merek Indonesia”

Jakarta, 21 November 2018 berlokasi di Ballroom Hotel JS Luwansa, BUMN Track yang didukung oleh Arrbey Consultan dan Rumah Perubahan menyelenggarakan kembali BUMN Branding and Marketing Award 2018 yang ke-6. Acara ini merupakan bentuk apresiasi terhadap kinerja Bisnis dan Marketing dari seluruh perusahaan-perusahaan BUMN dan Anak Perusahaan BUMN dalam menghadapi era Revolusi Industri 4.0.

Selain kinerja perusahaan, terdapat juga penghargaan bagi kategori CMO (Chief Marketing Officer) BUMN terbaik sebagai sosok yang memiliki kemampuan terbaik dalam mengelola dan mengatur posisi perusahaan secara Branding maupun Marketing sehingga menciptakan citra positif perusahaan di lingkungan masyarakat. Penghargaan ini dibagi menjadi beberapa kategori, yaitu: Sektor Agro, Manufacturing & Mining, sektor Service, Transportation, Logistics & Energy, dan sektor Financial & Hospitality.

Pada kategori The Best CMO BUMN diraih oleh:
1. PT Pindad (Persero) dari sektor Agro, Manufacturing & Mining;
2. PT Garuda Indonesia (Persero), dari dari sektor Service, Transportation, Logistics & Energy;
3. PT Pegadaian (Persero) dari sektor Financial & Hospitality.

Pada kategori The Best CMO Anak Perusahaan BUMN diraih oleh:
1. PT Pertamina Lubricants dari sektor Agro, Manufacturing & Marketing;
2. PT Garuda Indonesia (Persero) dari ssektor Service, Transportation, Logistics & Energy;
3. PT Patra Jasa dari sektor Financial & Hospitality.

Di sesi terakhir, terdapat sharing session mengenai Branding dan Marketing dengan tema “Merebut Peluang Era Industri 4.0 Melalui Penguatan Merek Indonesia” karena Branding merupakan reputasi dan persepsi yang dibangun terus-menerus untuk membentuk Emotional Connection dan mengubah People Behavior. Adapun langkah yang dapat diambil:

1. Merevisi bisnis model dan strategi bisnis perusahaan;
2. Melakukan Digital Adoption;
3. Produk inovatif dan Smart Digital Marketing;
4. Mengambil peluang di setiap market geografis;
5. Melakukan transformasi Human Digital (Excitement, Knowledge dan Experience).

Subcategories